Rabu, 21 Mei 2014

Thaumatrope

   Setelah melalui masa prasejarah animasi di sekitar tahun 1600 B.C dan masa-masa kebudayaan Yunani, perjalanan sejarah animasi terhenti selama sekian ratus tahun.....Melewati jaman kegelapan, melintasi masa pencerahan dan tibalah di abad 19.

   Pada sekitar tahun 1824 seorang yang bernama John Ayrton Paris memperkenalkan sebuah mainan unik. Mainan itu disebut "Thaumatrope" yang berasal dari kata Thauma : ajaib dan Tropos : berganti arah hadap. Setahun kemudian Peter Mark Roget memberikan penjelasan mengenai Persistence of Vision dengan menggunakan Thaumatrope.

  Bentuk asli thaumatrope adalah sekeping kaca yang kedua sisinya diberi gambar yang berbeda. Di sisi kepingan kaca tersebut dipasang tali karet untuk memegang. Biasanya thaumatrope memiliki cerita sederhana yang dapat disampaikan dengan 2 gambar berbeda. Misal : seorang yang sedang tidur mendengkur mulutnya dimasuki oleh seekor tikus, seekor burung yang lepas dari sangkarnya lalu kita diminta menangkap dan lain sebagainya. Cara memainkannya adalah dengan memilin tali karet hingga tegang, lalu melepasnya dengan cepat. Akibat puntiran dari tali karet, kedua sisi akan ditampilkan bergantian secara cepat. Dan karena adanya persistence of vision, maka kedua gambar akan tampak menyatu.



   Berikut ini video mengenai thaumatrope. Silakan menyaksikan dan mencoba membuat sendiri!



Salam!