Senin, 19 Mei 2014

Kamera Obscura

   Hai, apa kabar? Semoga tidak mengalami penyakit hari Senin haha!

   Hari ini kita akan membahas mengenai kamera obscura. Bagaimanapun animasi adalah bagian dari film. Dan film pasti menggunakan kamera. Karena itu pembahasan mengenai kamera sangat berkaitan dengan animasi.

   Oke, kamera obscura adalah jenis kamera paling tua. Catatan tertua mengenai kamera obscura berasal dari murid-murid Aristoteles di sekitar tahun 470 - 390 B.C. Kamera obscura berarti "kamar gelap" ( latin Camera : ruangan tertutup dan Obscura : gelap ). Arti yang sangat sederhana, tidak sekeren istilah yang digunakan haha... Jadi paling tidak kita tahu bahwa kamera berari kamar ( mungkin istilah kamar juga berasal dari kata "kamera" ).

   Kamera obscura disebut juga "kamera lubang jarum". Istilah ini menjelaskan prinsip kerja kamera obscura.



  Dari gambar terlihat cahaya masuk ke dalam kotak gelap melalui lubang yang sangat kecil ( sebesar lubang jarum ). Sinar tersebut mengenai kertas atau cermin yang ada di ujung kotak. Di atasnya sang seniman meletakkan sehelai kertas untuk menjiplak ( tracing ) gambar yang terlihat.
   Alat ini merupakan alat generasi awal yang digunakan untuk belajar melukis foto dan menggambar perspektif. Jika ada waktu, sebaiknya mencoba membuat sendiri untuk berlatih. 

  Sekalipun sangat sederhana, alat ini merupakan nenek moyang kamera dan proyektor modern.

Oke, sampai sini dulu!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar