Senin, 29 Desember 2014

Game Mechanic

   Aaah... sudah lama sekali sejak terakhir kali posting... haha... maaf-maaf karena sibuk jadi tidak sempat posting ....

Kali ini kita tidak akan membicarakan animasi, tapi game!
Kita akan membahas mengenai Game Mechanic.

Apakah Game Mechanic itu?
  Hei, baru mulai sudah disodori istilah aneh... apakah game mechanic berarti game mengenai mekanika? 
   BUKAN! Game mechanic adalah cara kerja atau aturan permainan yang berlaku pada sebuah game. Jadi game mechanic merupakan penghubung antara program game dengan pemain yang memainkannya. Ini berlaku baik pada game analog tradisional maupun game digital. 
   Contoh game mechanic sederhana pada permainan Petak Umpet analog tradisional :
  • Ada pemain yang bersembunyi
  • Ada pemain yang mencari.
  • Pemain yang bersembunyi tidak boleh ditemukan oleh pemain yang mencari.
  • Pemain yang ditemukan pertama kali oleh pemain yang mencari akan ganti menjadi pemain yang mencari.
  • Pemain yang mencari harus menutup mata lalu menghitung hingga seratus baru boleh mulai mencari para pemain yang bersembunyi.
  • Permainan berlangsung selama dua jam.
  • Pemain yang paling sedikit tertangkap atau menjadi pemain yang mencari adalah pemenang permainan.


   Kira-kira seperti itu yang namanya game mechanic. Jadi sekarang mulai paham mengenai pembuatan game mechanic.....

   Pada pembuatan game digital game mechanic merupakan komponen yang sangat-sangat penting dan harus diselesaikan sebelum proses pembuatan game dilakukan. Agar tidak ada yang terlupa, maka pembuatan game mechanic harus didokumentasikan secara rapi. Yang bertugas membuat game mechanic adalah Game Designer atau Perancang Game. Lebih baik seorang perancang game tidak usah paham dengan cara membuat program atau membuat gambar. Tujuannya agar dia bisa benar-benar memusatkan perhatian pada game mechanic yang semenarik mungkin tanpa dibebani dengan pemikiran mengenai bisa tidaknya sesuatu elemen dalam mechanic dibuat. Biarkan pembuatan program dipikirkan oleh programmer dan pembuat grafis dipikirkan oleh perancang visual.

Apa saja komponen utama game mechanic?
   Pada game digital ada beberapa komponen utama yang harus ada saat membuat game mechanic.

  • Objective atau tujuan permainan. Jika permainanya adalah balapan mobil, maka tujuan utamanya adalah mencapai garis finish pertama kali. Jika tidak menjadi yang pertama kali berarti gagal.
  • Kendali permainan. Tombol apa saja yang harus ditekan untuk mengendalikan karakter. Pada umumnya tombol WASD dan panah arah digunakan untuk mengendalikan gerakan karakter. Kadang ditambahkan penggunaan mouse.
  • Detail gerakan dan serangan karakter utama. 75% program game hanya berisi cara menggerakkan karakter utama. Cara berjalan, cara berlari, cara melompat, jalan samping, memukul, menembak, dan sebagainya. Juga tombol-tombol yang diperlukan untuk melakukan gerakan-gerakan tersebut.
  • Menu permainan. Apa saja yang perlu ditampilkan pada layar menu, cara menampilkan layar menu dan sebagainya yang berhubungan dengan menu.
  • Informasi yang perlu ditampilkan. Health poin, waktu permainan, damage yang diterima, jumlah live, score, level, experience, benda-benda yang dimiliki dan sebagainya. Semua ini harus dirancang dari awal agar tidak berlebihan dan tidak mengganggu permainan. Percuma menampilkan experience yang didapat kalau kenaikan level hanya bisa dengan mengalahkan boss utama.....atau menampilkan score tanpa ada daftar pemain dengan nilai tertinggi...
  • Musuh yang harus dihadapi. Pada game petualangan biasanya terdapat Mob. Mob adalah karakter yang bergerak secara otomatis berdasar suatu program. Mob sering juga disebut sebagai AI (Artificial Intelligence ). Setiap jenis mob harus direncanakan agar nantinya programmer tidak kebingungan saat membuat program. Jenis, kebiasaannya (behaviour) damage yang diberikan saat menyerang dan sebagainya.
  • Elemen aktif. Yang termasuk elemen aktif adalah floating platform, jurang tak berdasar, jurang dengan dasar paku-paku berbahaya, danau api, danau asam, gas beracun, senapan otomatis di dinding dan semua jenis jebakan.
  • NPC (Non Playable Character). NPC berhubungan dengan cerita. Cara interaksi dengan NPC perlu direncanakan sejak awal. Apakah NPC otomatis berbicara, atau saat NPC berbicara game berhenti dan sebagainya.


   Itu dulu deh... nanti kita bahas lagi lebih lanjut mengenai cara membuat game. 

See You!!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar